Laman

Thursday, April 18, 2013

Server Streaming NasrulMedia

Team KOSNU (Komunitas Open Source Nasriyatul Ulum) yang didirikan dan diprakarsai oleh Bang Nasrul Linux yang mengkonsetrasikan diri didalam pengembangan Teknologi Streaming Multimedia , pada akhir maret 2013 ini kembali meluncurkan aplikasi Server Streaming NasrulMedia dengan nama project NasrulMedia. Server Streaming NasrulMedia yang diluncurkan ini, kini dilengkap dengan dukungan sistem CDN untuk protokol RTMP dan HLS.

Server Streaming NasrulMedia yang dikeluarkan pada bulan Maret 2013 ini telah diujicobakan pada bulan april yang lalu dalam sebuah perhelatan pameran yaitu dengan menyiarkan kegiatan pameran secara Live.

Server Streaming NasrulMedia atau yang lebih dikenal dengan nama NasrulMedia Server Streaming yang dikembangkan saat ini adalah aplikasi yang diperuntukan komputer dan OS Linux 64 bit. Dukungan tambahan yang dimiliki oleh NasrulMedia Server Streaming ini selain dukungan pendistribusian server CDN RTMP ataupun HLS juga dilengkapi dengan dukungan MPEG-DASH streaming yaitu teknologi streaming terbaru yang merupakan teknologi streaming yang mulai digunakan terutama untuk layanan SMART TV yang saat ini terus berkembang.

Seperti halnya dengan aplikasi server streaming yang telah dikembangkan oleh team KOSNU sebelumnya , kemampuan NasrulMedia Server Streaming tidak membutuhkan resource yang besar karena NasrulMedia Server Streaming bukan aplikasi yang dibangun dengan pemrograman java yang banyak digunakan oleh beberapa aplikasi server streaming lainnya.

Cukup dengan satu encoder maka pendistribusian streaming yang dilakukan NasrulMedia Server Streaming dapat dilakukan dengan beberapa model protokol baik protokol RTSP yang banyak digunakan pada layanan streaming mobile, protokol RTMP untuk layanan streaming Desktop Flash , protokol HTTP/HTTPS Segmentation   untuk layanan streaming i-Phone iOS.



No comments:

Post a Comment