Laman

Saturday, October 27, 2012

Catatan Petualangan Hacker

"Mencari kelemahan sebuah sistem lebih mudah dibandingkan membangun sebuah sistem" itulah kemampuan yang dimiliki oleh para Cracker . Bukan membuat sesuatu yang lemah menjadi lebih baik , tetapi memanfaatkan kelemahan tersebut sehingga dapat dipergunakan secara illegal dan dengan secara langsung merusak sistem yang seharusnya bekerja. Berbeda halnya Pencarian kelemahan sistem yang dilakukan oleh para Hacker , mencari kelemahan bukan untuk menghancurkan untuk dipergunakan secara illegal melainkan memberikan sebuah jalan koreksi untuk memperbaiki kelemahan yang dimiliki oleh sebuah sistem yang bekerja.

Pekerjaan Hacker dan Cracker hanya dibatasi antara proses yang dikerjakan , Hacker bekerja secara online dalam sebuah jaringan dan cracker bekerja Offline pada sebuah perangkat lunak dan bukan dalam sebuah jaringan komputer.

Proses pekerjaan yang berbeda Hacker dan Cracker terkadang masih salah diartikan , sehingga terkadang orang berpendapat bahwa Cracker lebih jahat dibandingkan Hacker atau sebaliknya . Padahalnya  tidak demikian. Proses perkembangan ilmu pengetahuan khususnya bidang Teknologi Informasi khususnya jaringan komputer dengan sistem jaringan terbuka yang terkenal dengan nama Internet. ).

Hacker melakukan proses aktifitasnya melalui media online yaitu sistem jaringan komputer sedangkan Cracker melakukan proses aktifitasnya pada sebuah aplikasi perangkat lunak tanpa harus menggunakan media online atau jaringan komputer. Sehingga proses yang dilakukan oleh Hacker hanya akan dirasakan pada aplikasi-aplikasi yang bekerja dengan konsep Jaringan Komputer sedangkan Cracker hanya dapat dirasakan pada aplikasi-aplikasi bajakan yang dapat bekerja tanpa sistem Jaringan ( Computer Stand Alone)

Tingkat kerusakan yang dilakukan oleh para Hacker atau sering diterjemahkan sebagai peretas komputer beragam ada yang mampu membuat komputer rusak berat atau hanya mengalami ganguan sistem yang berjalan. Proses penghancuran komputer hingga rusak berat biasa dilakukan oleh para hacker dengan menyerang sistem BIOS komputer dengan melakukan sistem BOT dengan melakukan sistem Debuging asembler secara remote. Proses ini dilakukan dengan cara mengirimkan sebuah file kepada target , yang selanjutnya file tersebut akan bekerja secara otomatis di komputer target. Proses ini mirip seperti sistem virus yang bekerja, bila virus hanya menghancurkan dan cara menginfeksikan sistem yang dituju , sedangkan sistem BOT Hacker ini adalah menyerang sistem Assembler Komputer dengan menggunakan perintah debuging yang dimiliki oleh setiap Operasi Sistem.

Kerusakan yang diakibatkan oleh Hacker bukan sesuatu yang harus ditakutkan karena Hacker adalah sebuah kontribusi terbalik dari sebuah produksi . Produk yang dipergunakan oleh kita dikatakan baik bila produk tersebut memiliki pertahanan yang baik dari penyerangan Hack. Produk yang dipakai dan yang baik memiliki pertahanan yang baik bukan berarti mahal. Namun harga yang anda bayar akan sesuai dengan kekuatan dan pertahanan yang dimiliki oleh sebuah produk yang kita beli.
Kemampuan seorang hacker adalah sebuah kemampuan yang dapat dipergunakan dan dimanfaatkan oleh para vendor yang memproduksi banyak perlengkapan Teknologi Informasi ,  yaitu dengan menggunakan kemampuan para hacker untuk melakukan ujicoba ketahanan yang dimiliki dari serangan-serangan dari luar. Hacker bukan lah musuh , mereka akan terus berkembang mengikuti perkembangan Teknologi Informasi yang terus semakin berkembang. berkembang mengikuti aplikasi-aplikasi online yang terus bermunculan.

No comments:

Post a Comment